Rawe-rawe rantas malang-malang putung

Terkadang, ada saat kita merasa dalam posisi yang sangat tidak memungkinkan untuk mencapai sesuatu. Baik dari segi potensi maupun finansial. Dari segi potensi & finansial terpikirkan kita jauh dibelakang dibandingkan dengan yang lain, muncul keluhan ‘mana bisa aku? dia kan memang sudah terlatih dari awal? dia kan keluarganya mendukung? dia kan memang sudah bakat?…dia dan dia… Tak sadar kita sudah menghalangi keluarnya potensi kita.

Padahal di luar itu semua, ada kekuatan yang maha dahsyat, yaitu Allah SWT. Allah SWT yang telah begitu hebatnya menciptakan kita dan segala yang Dia ciptakan tidak ada yang sia-sia, asalkan kita mau berpikir. Paling tidak kita harus kuatkan ketakwaan kita pada Allah. Ya ‘paling tidak’ karena ketakwaan adalah kunci solusi segala permasahan. Sederhana, tapi latihan extra keras perlu dilakukan untuk mencapai itu semua. Hati, pikiran, jasad yang selalu harus dijaga agar tetap dalam bingkai ketakwaan padaNya.

Truz, apa hubungannya dengan saat kita berada dalam lingkunga yang hebat? Takutkah kita? Minderkah?

Dengan ketakwaan yang kuat pada Allah SWT, muncul rasa syukur bahwa kita ditempatkan dalam lingkungan yang baik sehingga ada tempat untuk banyak belajar dan menimba ilmu. Kesabaran juga hadir karena kita akan belajar dalam proses itu. Lingkungan sudah ‘jalan cepat’ so dengan kesabaran kita harus mensiasati untuk ‘berlari’. Meminjam istilah dalam fisika, jika mobil sudah berjalan 50 km/jam, kita tak mungkin menyusul dengan 50 km/jam juga. Akan tetapi kita harus melakukan percepatan untuk mengejarnya.

Ketakwaan pada Allah SWT  dapat menguatkan mental kita. Yang terpenting saat kita sudah tawakal, serahkan pada Allah segala hasil yang akan kita peroleh. Allah hanya memperhatikan usaha atau proses kita, maka saat kita berada dalam lingkungan yang hebat ‘rawe-rawe rantas malang-malang putung’ keluarkan segala potensi yang kita miliki (ikhtiar) dan serahkan hasil padaNya (tawakal).

Tentang ifada

Belajar untuk lebih baik lagi..
Pos ini dipublikasikan di Motivasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s