Bermain Warna

Kakak (6th) dan Dedek (2th) kini memiliki energi yang besar untuk belajar. Kakak sudah mulai dapat membaca. Dan Dedek aktif mengganggu si Kakak. Sejak usia 3 tahun, saya mulai mengajarkan disiplin yang tidak ketat pada si Kakak untuk menyukai membaca dan menikmati belajar. Sebelum tidur selalu dibacakan buku cerita, tentang anak sholeh dan kisah-kisah Nabi.

Yang selalu saya pikirkan adalah bagaimana membuat rencana bermain sambil belajar. Hari ini setelah browsing, Kakak dan Dedek akan melakukan eksperimen warna..

Wah perasaan si Kakak, saya amati sangat senang sekali mempersiapkan permainan kali ini. Dedek mulai muncul rasa penasaran ‘apa yang disibukkan Ibu dan Kakaknya?!’

IMG_4136

Eksperimen yang dilakukan Kakak dan diamati Dedek kali ini adalah tentang Pencampuran warna dan kapilaritas (gpp meskipun kapilaritas belum diajarkan, namun ia akan bermain tentang prinsip itu). Yang disiapkan adalah:

  1. Gelas plastik kecil berjumlah 7. Kemudian secara berselang seling empat gelas diberi warna pokok (merah-biru-kuning-merah) menggunakan pewarna makanan (karena yang tersedia pewarna jenis ini di rumah) seperti gambar berikut. IMG_4133
  2. Hubungkan antar gelas plastik dengan menggunakan tisuIMG_4137
  3. Tunggu beberapa saat, denga prinsip kapilaritas (air akan naik atau turun melalui pipa kapiler/luas penampang yang sempit) sekitar 15 – 30 menitIMG_4144

 

Terakhir Kakak diminta menyimpulkan apa yang terjadi dengan gelas plastik yang kosong? Warna apa yang muncul? Mengapa air bisa berpindah?

Eksperimen kali ini Kakak dan Dedek mengikuti dengan senang. Meskipun sempat terjadi kehebohan, si Dedek menumpahkan gelas plastik kemudian tangannya menjadi merah karena terkena air yang berwarna merah. Tapi si Dedek mulai belajar “merah..merah..merah” sambil teriak-teriak dan si Kakak penasaran dan pengin ikutan menumpahkan air berwarna di tangannya setelah eksperimen selesai. Kakak “Mah, aku yang nyuci gelas plastiknya ya, aku pengin kaya Dedek tangannya…”.. Saya ”Oya gpp, makasih ya Kakak udah mau bersihin…;)

Tentang ifada

Belajar untuk lebih baik lagi..
Pos ini dipublikasikan di Dunia Anak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s