Diabet Nenek

Bismillah..

Semoga ini salah satu ikhtiar pengobatan sakit nenek

Bulan Desember 2015, masih teringat saya memaksakan diri membeli alat cek gula darah untuk penyakit nenek. Sudah 3 bulan sejak alat cek gula darah nenek rusak, saya tidak rutin lagi memantau kadar gula darahnya. Sebelum bulan Desember itu, gula darah nenek terpantau sekitar 250-300. Masih tinggi. Sempat juga di rawat di rumah sakit disebabkan kulit di kaki membusuk. Kecil lukanya, tapi harus disayat, kata dokter..hiks.. Kurang lebih 8 hari nenek di rawat di rumah sakit pada agustus 2015, makanan dan gula darahnya pun selalu dipantau. Masih konstan antara 250-300. Tidak ada penurunan.

Desember 2015 dengan menggunakan alat yang baru, gula darah nenek di cek kembali. Ternyata 450an. Astaghfirullah… nenek harus benar-benar diet saat itu..

Nasi merah sudah menjadi menu sehari-hari, jus pare, jus daun pepaya (dengan asumsi pahit melawan manis).. dan secara rutin saya memantau gula darahnya. Alhamdulillah dari gula darah sekitar 450 menjadi sekitar 200-300 kembali. Namun itu belum tergolong normal ya… Tak ketinggalan obat mitformin dkk yang disarankan dokter juga selalu dikonsumsi nenek.

Kakak yang terkena diabet menyarankan untuk konsumsi buah naga katanya gula darahnya turun dari hampir 500 menjadi di bawah 200.

Hari ini sangat membahagiakan bagi saya, setelah nenek rutin konsumsi buah naga, gula darahnya baru kali ini dibawah 200, yaitu 195. Ya di bawah dikit sih..

Yang masih menjadi kendala adalah lecet dikit di kaki dan kini mulai menjalar hampir sampai ke lutut. Berdasarkan pengalaman nenek yang pernah di rawat di RS dan saran beberapa teman agar luka di olesi madu, nenek pun rajin melakukannya. Kedua kaki nenek kini mulai terlihat proses penyembuhannya, terlihat sudah agak mengering.

Tapi perjuangan belum berakhir,,, masih harus dipantau gula darahnya, minum obat, jus2an, diolesi madu dsb. Semoga Allah memberikan nenek kesehatan dan keberkahan usia selalu.. amiin

 

Tentang ifada

Belajar untuk lebih baik lagi..
Pos ini dipublikasikan di Hidup. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s